Senin, 10 Januari 2011

copas >> ditulis buat teman2 yg sayang sm gw ^_^

mungkin ga penting buat kalian.. sbg ucapan makasih aja

oleh Dian Raharti pada 13 November 2010 jam 11:53

Jd bgini critanya..

Stlh demam 2 hr & gw rayu buat ke RS slm 2 hr pula, kamis sore menjelang maghrib, ibu minta diantar ke RS. Tp krn pesiapan sana sini, lepas shalat Isya kami berangkat ke RS. Sekitar jam stngh 9 ibu masuk IGD, bpk langsung beli masker buat ibu. Krn hsl lab yg jelek banget, cairan infus berganti terus, bahkan sampai 3 cabang ( 3 kantong infus msk skaligus) >> Saat masuk leukosit ibu 3, hemoglobin 8, trombosit 7 ( ima yg cek )

Stlh diinfus, ibu hrs periksa darah lagi, stlh itu rongent. Trnyata memang hsl lab yg ima bawa ga jauh beda sm hsl lab dr RS. Alhasil, jam 3 pagi, harus amprah darah merah 2 bag. Jam stngh 7 mulai transfusi... akhirnya hrs transfusi jg, pdhl dr kmrn saat kemo, usaha bngt ngindarin transfusi mngingat resiko transfusi.

Skitar jam 9, ibu dikluarin dr IGD msk ruang rawat. Diruang rawat, ibu diambil darahnya untuk cek lg. Trnyata hslnya msh jelek terutama trombositnya, jd hrs transfusi lg. Kali ini transfusi trombosit 30 bag.

>>>> sbnrnya leukosit sm hemoglobin jg jelek, tp ga separah trombosit

Pagi itu juga, ima ke PMI Kramat stlh mba Yai pesan trombosit. Kebetulan memang lg musim DBD, jd persediaan darah sngt sedikit. Alhamdulillah, ada tersisa trombosit. Mba Yai sengaja pilih trombosit Pheresis, demi ngejar trombosit ibu yg rendah bngt. Alhamdulillah stlh transfusi, trombosit ibu naik jadi 50 ( 2/3 dr jml minimal trombosit dlm tubuh)

Oiya, soal trombosit...

Saat itu, trombosit sdh diambil dr PMI Kramat, tp kami br dpt resep untuk cairan infus, jarum & selang transfusi. Jd hrs nunggu smp resep ditebus, br bisa transfusi. Salah banget, kata ibu, kl kelamaan trombosit bs rusak.

Akhirnya, gw nekad aja minjem semua kebutuhan transfusi, ke ruangan dimana ibu biasa ngejalanin kemo, drpd rusak ga ada manfaatnya buat ibu >> mana muahal.. heheh... alhamdulillah dapat, lebih malah dr yg dibutuhin :)

Sehari stlh transfusi, trombosit ibu naik lg jd 78, tp blm smp batas minimal, jd dokter minta ibu ditransfusi trombosit lg 30 bag. Kebetulan, persediaan trombosit ga ada. Pesan dr siang smp malam blm ada. Jam 10, mba yai tlp PMI Kramat, alhamdulillah dpt 7 bag. Jd hari minggu, ibu transfusi lg... kali ini alergi. Ibu ngerasa kebal dibibir. Stlh disuntik obat anti alergi, transfusi dilanjutkan. Stlh transfusi, trombosit ibu naik lg jd 100... alhamdulillah

Tapi, pd hari selasa, trombosit turun lg jd 73.. lbh rendah dr sblm transfusi trombosit ke 2. Dokter minta ibu ditransfusi trombosit lg 10 bag. Alhamdulillah persediaan sdh bnyk. Lepas maghrib ibu transfusi lg.

Paginya, ibu periksa lab, hslnya... alhamdulillah naik jauh jadi 186..... wow!!!! ga nyangka bakal naik sejauh itu.. alhamdulillah :)

>>> mungkin pengaruh transfusi, jus jambu biji, angkak & sugesti yg kuat...

saat dr. budi (dok onkologi ibu) dtg stlh transfusi ke-3, dy nyaranin ibu minum jus jambu biji merah, minum angkak

smua kami jalanin... ibu minum angkak 3x dlm sehari, jus jambu biji merah 1 gelas.. alhamdulillah naiknya smp 113 :)

senengnyaaa... smp gw ga pduli orang ngedzalimin gw pagi2.. gw msh bs senyum

Slm ibu dirawat, ibu sll diberi resep antibiotik. Stlh antibiotik habis, ibu tny dr. Budi, knp diksh antibiotik? apa ada infeksi?

Jwb dr. budi, dy ga prnh ngeresepin antibiotik buat ibu. Kmungkinan resep dr dr. jaga di IGD. Stlh itu smua antibiotik di stop.. parah.. agak bikin gw dongkol sm perawat di ruang rawat knp ga konfirmasi sm dr. budi?

tp ya sudahlah...... ibu aja ikhlas

oiya ada cerita lucu nih... >>> buat gw sih hehehe

krn dr. budi nyaranin minum jus jambu biji merah, gw cerita sm mba yai..

ga tau mulut sm otak gw yg lg ga konek, apa emang mba yai salah denger (mba yai sll membela diri kl gw yg minta)

sore2 mba yai nongol smbl bawa blender.. katanya, "dapur pindah ke RS apa?? smua dibawa" (sblmnya udah bawa juicer dll) :D

yaa gw bela diri donk... kpn nyuruhnya :P

tp..... stlh gw inget2 kayaknya emang ga sengaja gw minta dibawain blender

anehnya lg, mba yai bawa blender tp ga bawa jambu bijinya........ laaaah apa yg mau diblender :D

jd ktawa geli aja, gw, ibu, bapak & mba yai........ sedikit hiburan

oiya ada bazar lagi..... ngerayain ultah persahabatan... barengan sm ultah gw

kata ibu pas gw lahir dulu, gw dpt kado bnyk dr RS.. kmrn pengin bngt ngasih liat KTP gw ke direktur RS.. kali aja dpt kado lagi :D

kalo ada bazar.. inceran gw pastinya makanan...

kali ini gw beli... ga penting siiiih... tp suka2, gw yg nulis ini :P

1. es jeli..... enak banget

2. nasi gudeg >> ibu yg makan

udah itu doank... ga panjang daftarnya

yg mo gw bagi dr pengalaman ini adalah>>>>

1. pakai masker, terutama kalo hrs msk IGD/ UGD >> bnyk pnyakit

2. kalo hrs rongent di IGD/ UGD, jgn lupa minta formulirnya ke dokter yg nanganin, kbayangkan ramenya IGD/UGD.. dokter bisa lupa ngasih, yg ada klamaan di IGD/UGD

3. soal trombosit >> kl smp hrs transfusi baik sel darah marah/ trombosit, jauh sblm darah datang minta diresepin kebutuhan transfusi, sayang kl kelamaan darah bisa rusak, ga ada manfaatnya..

4. kl mau amprah/ pesan darah kan ada pengantarnya dr PMI RS, di cek ulang, kadang suka salah tulis (nama RS/ pasien/ jml darah yg dibutuhin) .. bakal bikin susah kl kita udah smp PMI Kramat

5. katanya angkak bisa naikin jumlah trombosit >> sepertinya terbukti... alhamdulillah.. + sugesti kuat

6. kalo smp msk IGD/ UGD.. trs akhirnya hrs dirawat, kalo kaya ibu kan emang udah ada dokternya (sdh sakit sblmnya-dlm proses penyembuhan)... konfirmasi ulang aja resep yg dikasih sm dokter jaga.. jd ga kayak nyokap gw, obat yg hrsnya ga diminum, jd diminum deh :(

cukup sekian... makasih atas doa & supportnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar