Selasa, 28 September 2010

Copas FB >>>> hari H

Akhirnya hari H tiba..... 30 Agustus 2010-2 September 2010

awalnya sih cuma catatan pribadi, biar gw ga lupa obat2 apa aja yg masuk ke tubuh ibu

Sophirom INJ 1 gr... setau gw ini antibiotik yg pengaruhnya di ibu, sakit saat disuntikan, dlm bbrp detik rasa & aroma smp ke mulut & hidung, disuntik 2x dlm sehari... terasa eneg di lambung

Cernevit INJ... cairan warna kuning.. setau gw ini vitamin

NaCl 0,9 % 100 ml.. setau gw cernevit dicampur NaCl disambung ke Venflon 22 pakai blood set masuk ke vena ibu

Ketopain 30 mg INJ.. pengurang sakit.. pengaruhnya ke lambung terasa kencang

Zistic 500.. vitamin kl ga salah..

Mobiflex.. tablet pengurang rasa sakit..lambung terasa panas

Darvant-tulle.. balutan dalam

Tensocrepe.. balutan paling luar.. jum'at kmrn pertama kalinya gw bantu ibu gantiin.. tarik nafas deh gw pdhl ga liat bekas lukanya

Vaccum drain.. gw br liat gbrnya.. astaghfirullah trnyata spt itu

Panso Vial.. apa yaa?? lupa

malam pertama di RS, abis buka puasa & shalat maghrib di masjid RS, bapak pulang

jd tinggal ber2 sm ibu

sempet tny, apa ibu deg2an?? ibu bilang, ga

ibu balik tny, kamu deg2an?? gw jawab, ga

gw paling ga suka kalo toilet ga bersih

jd abis maghrib gw bersihin deh tuh kamar mandi,

eh besoknya ibu cerita sm bapak, si dian kalo bawa sikat, udah nyikatin kamar mandi kali tuh....... heheh :P

hari H...................................

selama di dlm ruang operasi ternyata ibu mikirin gw, krn ga bisa ngasih tau kl ibu dilongkapin orang

katanya, ibu inget sm ucapan perawat kl operasi ibu lbh dr 2 jam berarti ada trouble

nah ini udah lbh dr 2 jam, si dian pasti stres deh

malam ke-2, ibu tidur mulu, mungkin pengaruh obat bius

sedih liat ibu...

hari pertama stlh operasi (hari ke-2), ibu udah bisa turun dr tempat tidur

udah bisa jalan sepanjang koridor RS

saat duduk di depan kamar, ibu bilang, "jam brp skrg, kmrn jam segini ibu lg didedel duel yaa, kirain bakal ga ketemu kamu lagi yan"

malam ke-3 gw menggigil, gw mulai drop

mana saur cm pake gorengan ga sempet nyari soalnya heheh... alhamdulillah bs ngontrol... sugesti hrs kuat

hari ke-3, ibu udah ke kamar mandi sendiri

gw kebo, tidur ga denger ibu bangun :D

malam ke-4 electric mug gw kebakar, lupa ngisi airnya

ibu kedinginan, maksud hati ngerjain semuanya nyelimutin smbl bikin minuman anget, eh malah kebakar, kamar bau banget

hari ke-4, hari kamis, dokter udah ngijinin ibu pulang, tp harus bawa vacuum drain

hari itu ibu nyuruh gw ke bazar belanja2, soalnya di RS lg ada bazar

gw beli..... ga penting bngt ya gw sebutin, tp bodo' ahh

1. pepes ikan mas 2 bungkus, enak banget ternyata

2. buntil, gw beli 2, gw kira 2-2nya daun singkong taunya yg satu daun pepaya... pait

3. kerecek, enak banget

4. asinan, 2 bungkus, seger banget

ini catatan gw tgl 6

besok hasil lab. patologi anatomi.. untuk tau stadium

berapapun stadiumnya... semoga ibu, bapak, kami, kuat, sabar, ikhlas.... amiiin

besok juga mau lepas vacuum drain sm ganti balutan

wkt itu, selesai kanker ibu diankat, gw sm ima yg antar kanker ibu ke gedung Seruni tmpt lab PA (Patologi Anatomi)

hati, pikiran, mata, langkah kaki.. ga terkoordinasi.. semua krj sendiri2

2 hati, 2 otak, 4 mata, langkah 2 kaki manusia.. muter2 nyari lab PA.. bingung arah

pdhl gw sama ima sdh prnh ke gedung itu...

5 thn yg ll gw bbrp kali nganter ibu berobat di gedung itu (penyakitnya beda)

ima bahkan pernah ikut pendidikan di lab PA di gedung itu selama 2 minggu

gw bersyukur punya 2 saudari, 1 kakak, 1 adik... berbagi peran.. saling support.. alhamdulillah

kata mba yai.. kalau situasi spt ini, ternyata 2 saudara masih kurang

alhamdulillah ada mba yai & ima :)

bakal panjang nih notenya

7 september 2010, hari ini ibu ganti balut, copot vacuum drain & hasil PA keluar

ibu ditemenin bapak sama ima

11.04 AM dpt kabar dr ima, ibu stadium 3

untuk tau agresif atau tidak harus dibawa ke RSCM

ternyata obat kemo juga dibedain yaa??

semoga ga agresif.. amiin

tp kalo agresif kt dokter, efek samping kemo lebih sedikit krn obat yg dipakaipun lebih bagus...

awalnya dilema dlm doa, tp... smg yg terbaik buat ibu, amiin

waktu ibu dirawat, kebetulan juga ada pasien yg sakitnya sm kayak ibu

gw br tau, selain rontok rambut, ada efek2 lain dr kemo

kasian, sedih ngeliatnya

ketika 2 bln yg lalu gw bersyukur hidup gw mudah dibanding sahabat & teman2

ketika akhirnya hidup gw diluar dr biasa

ketika Allah menguji..

yakin bahwa Allah sayang kami.. insyaAllah

sekarang kegiatan gw kalo pagi, jalan pagi keliling kampung (rumah gw di kelurahan gedong yaa bukan kampung gedong heheh :P)

katanya, menurut situs2 yg gw baca... sel kanker ga suka oksigen

kata ibu, sel kanker senang bngt sama hemoglobin

gw lagi mikir gimana crnya supaya, walaupun hemoglobin trs dimakan sel kanker

tp tetap cukup buat tubuh ibu???? harus cari ilmunya nih

kemarin, ibu minta ima ganti balutan dalam (yg paling dlm jadi bisa liat bekas luka operasi)

ima ga tega, dy nolak

tau2 mata ibu ngarah ke gw

hhuufft... iya, gw bilang gitu aja, nyanggupin

akhirnya, td pagi

baru buka balutannya setengah, ibu tunjukin bekas lukanya

ibu ga tega sama gw

jadi ibu nyuruh gw keluar kamar

gw nangis.... dasar cengeng, tp ibu ga liat loh

trs ibu manggil gw lg saat tinggal pasang plester aja

begitulah kegiatan gw sekarang :)


17 september 2010, tadi ibu abis buka jaitan & ganti balut

harusnya kalo hsl PA dr RSCM hari ini sdh ada, ibu bs langsung kemo

ga taunya hsl baru keluar senin depan, dokter bilang, selasa depan langsung kemo

ibu bilang, kalo orang dikemo, masih nyebarin radiasi paling ga selama seminggu

pengaruhnya buat org dewasa sangat kecil, tp ga baik buat anak2

selain itu, kondisi tubuh bakal menurun, leukosit bisa drop

yg pasti antibody menurun, ga boleh dideketin sama orang sakit, soalnya gampang ketularan

kata ibu, kalo orang dikemo, sering kegerahan, sariawan, rambut rontok

ibu kayak lagi nyiapin gw.....

karena kemo sdh didepan mata, ibu ngomongin soal ngegundulin kepala

kemarin wkt ibu motong cepak rambutnya persiapan sblm operasi, gw ikutan

sekarang.... ga kayaknya

soalnya itu bakal buat ibu sedih

kemarin2 kalo ngelapin badan ibu, luka operasi ga bgitu keliatan

tadi sore saat ngelapin, krn udah angkat jaitan, luka bekas pasang vacuum drain keliatan

lumayan panjang kayak luka sayatan, 3 cm

tapi luka yg lain msh ditu2pin...... apa namanya ya?? lupa

yg jelas luka sdh kering..... alhamdulillah


yang ini bonus story dr gw....... :D

jam brp nih?? 10.05 PM

ga smp sejam udah 2x, kbanyakan makan rujak kayaknya :P

si lala OL, pasti sm si abang deh.. ganggu chat mrk dulu ahh

udah 5 menit nih... gw dicuekin hehehe... gapa2 deh

iiiiih sakit perut lagi :(

heheh..... besok lala mo bawain novel2 buat ibu, bacaan ibu udah abis

gw ga sempet2 keluar

09.22 PM... td pada maen ke rumah, abis itu ketemu my di Cijantung

kayak ngerapel cerita hidup temen2 sebulan

hmmmm..... lala... ttg hati & mimpi besarnya

ani... malah molor sepanjang lala cerita... serasa lg didongengin

ternyata, tmp tidur gw kurang gede kalo buat bertiga :P

my... dng kisah2 kleniknya, serem amat ga percaya tp nyata banget...

smg my sll dilindungi Allah & cepet dpt jodoh biar ga diganggu lagi, amiiin

sedikit sharing sm lala, dy pny pengalaman ngurus 2 ka2k iparnya yg jg kena kanker

harus siap harus siap harus siap...

semoga gw siap............... amiiin

end of this note



nb. sebenarnya catatan ini gw tulis khusus untuk sahabat2 gw (ani, la2, my) krn sebulan stlh nyokap positif kanker, gw mnutup diri dr mereka..... sebenarnya, gw hny menghindari kesedihan yg klewatan, soalnya dukungan/ doa dr shbt/org2 terdekat sll kena ke hati & itu bikin gw cengeng... justru cengengnya ini gw hindarin bngt, makanya gw menjauh dr mereka... begituh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar