Selasa, 28 September 2010

Ini copas dr catatan gw di FB

senin lalu ibu operasi besar.. ada bbrp hal yg mau gw bagi aja..

karena senin operasinya, jd dr hari minggu sore gw sm ibu udah nginap di rmh sakit.

sama sekali ga ada pemeriksaan apapun krn semua sdh disiapkan jauh2 hr sblm operasi.

pagi sekitar jam 7, 4 perawat masuk ke ruangan.. nyuntikin antibiotik dosis tinggi (smp 3x nyuntik krn ga2l trs)

pertama di pergelangan tangan.. hny separuh yg masuk ke tubuh ibu, sisanya darah masuk ke cairan dlm suntikan (warna antibiotik jd merah ke hitaman-hrsnya kuning jernih) hasilnya.. tangan ibu bengkak

kedua di lengan.. antibiotik sama sekali ga masuk... hasilnya.... lengan ibu biru

ketiga di punggung telapak tangan.. berhasil masuk.. suster orenta emang hebat (ibu kagum bngt sm dia)

sekitar jam 7.25, ibu naik kursi roda untuk diantar ke ruang operasi

saat itu keluarga blm pd datang, jd ibu cm ditemenin gw doank..

sepanjang jl menuju ruang operasi, ibu ngobrol sm perawat yg dorong kursi roda ibu

gw... cm dengerin aja.. masih ngerasa.. cuma b2 lagi

kata perawat operasi ibu makan wkt maksimal 2 jam.. lbh dr 2 jam berarti ada masalah

diruang tunggu operasi sekitar jam 7.40.. ga tau mo ngomong apa..

bismillah ya bu..

ibu nolak wkt gw cium, ga tega kali sm gw nungguin sendiri

ima bolak balik sms/ tlp.. dy sm bpk sdh smp RS tp ga ketemu letak ruang operasi

jam 8 kurang... (ga tau lg sm wkt) ibu dibawa ke ruang operasi

inget bngt sm wajahnya.. senyum.. ibu bilang, "udah ya yan"

gw jwb, "bismillah ya bu"

ibu masuk ruang operasi tanpa pemeriksaan BTCT (bleeding time & clotting time)

resiko tinggi sebenarnya kl pasien trnyata pny riwayat hemofilia

gw pikir.... tuh dokter nekad... tp gw ga bs apa2, cm berharap di dlm ruang operasi ibu di tes BTCT

smp jam 1 ibu blm jg kluar dr ruang operasi, sementara setau gw ibu dpt urutan pertama operasi

jd kl dihitung waktu dr jam 8, seharusnya ibu sdh keluar jam 10

teringat kata perawat, maksimal 2 jam.. lewat dr 2 jam berarti ada masalah..

jam 10, ada perawat keluar ruang operasi nemuin bapak, minta di cariin vacuum drain

ga kebayang perasaan bapak.. mungkin udah mikir yg ngga ngga.. soalnya kan operasi udah jln 2 jam

kebetulan saat itu, gw sm ima lg ngurus surat jaminan rawat

alhamdulillah mba yai smp RS

akhirnya mba yai yg nyari drain pump ke ruang bedah

gw mencoba tenang aja, ga ada yg gw ksh tau kl lwt dr 2 jam berarti ada masalah

takut pd stres, soalnya smpt ngasih tau kakak sm adek kl ibu ga tes BTCT..

pasrah sm Allah

akhirnya jam 1.30 ibu sadar dan langsung dibawa ke ruang rawat

alhamdulillah operasi lancar

skrg tinggal tunggu ibu pulih & hasil laboratorium untuk tau stadium

setelah itu kemo menanti.... semoga ibu pny semangat yg luar biasa untuk sembuh... amiin

pesan gw :

1. jaga kesehatan, krn kl sakit ga cm sendiri yg ngerasain susah & sedihnya

2. kl ngerasa ga sehat/ ada masalah sm kesehatan, cek ke dokter jgn suka nunda2 bisa fatal akibatnya

3. kl mau operasi jgn lupa minta tes BTCT (wajib).. alhamdulillah ibu ga hemofilia, ibu te2p ga dites BTCT

4. cek lg sdh/ blm dikasih resep vacuum drain sm dokter (ktnya dipakai sm pasien yg abis operasi besar)

5. kalo hrs pakai venflon untuk masukin obat, kl ga2l saat suntikan pertama, minta diresepin lagi aja/ minta ganti venflon.. krn pemakaian venflon sebaiknya sekali pakai.. krn kl dipakai lg ujung venflon yg dr plastik sdh bengkok & itu akan nyakitin

5. jgn tll percaya sm lamanya/panjangnya wkt operasi yg disampaikan dokter/ perawat.. krn ternyata setelah di ruang operasi, urutan operasi bisa berubah2 tanpa diketahui keluarga pasien..

krn kondisi fisik & mental ibu bagus (menurut dokter), ibu gw diminta ngalah buat pasien lain.. ibu hrs nunggu 2 jam.. sadiss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar